Minggu, 21 Juni 2015

Spirit of change



Spirit of change

Perubahan yang bermula dari diri sendir
Realita kehidupan kita sekarang ini berbeda dengan generasi pendahulu..demikian juga kompetisi yang dihadapi anak cucu kita akan berbeda yang kita hadapi hari ini, Esensinya adalah perubahan, dan perubahan selalu terjadi dan yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri.

Pepatah mengatakan “berubah atau mati” atau kalau kita tidak berubah, bisa mati . Karena, perubahan itu sendiri akan melindas kita, sehingga kita jadi tertinggal jauh di belakang.

Sewaktu Barack Obama mengumandangkan slogan, yang menariknya ke puncak tertinggi kepemimpinan di Amerika—“Yes, we can change”—seketika itu juga orang-orang heboh membicarakan perubahan. Tetapi sayangnya, perubahan itu tidak hanya untuk dibicarakan. Perubahan tidak sekompak itu dengan hidup kita. Ia tak mau hanya dibicarakan, tetapi perlu ditindaki.

Orang yang tidak mau melakukan perubahan, jangan bermimpi mendapatkan hasil yang maksimal. atau jangankan bicara soal sukses, ada pendapat yang mengatakan bahwa kegagalan itu sukses yang tertunda, Edward Dowden menyatakan, “Kadang-kadang suatu kegagalan yang mulia melayani dunia sama setianya seperti sukses yang terhormat.

Buatlah keputusan untuk berubah
Sebelum Anda melangkah lebih jauh kepada perubahan, putuskan terlebih dahulu untuk berubah. “Perubahan bukanlah perubahan sampai terjadi perubahan,” sebuah slogan yang sering kali dikumandangkan. Nyatanya, perubahan itu sendiri perlu keputusan. Anda perlu memutuskan untuk berubah, dan Anda sendiri yang harus mengambil keputusan tersebut. Anda tidak harus bergantung pada orang lain untuk mewujudkan perubahan, tetapi Anda yang sangat bertanggung jawab mengambil keputusan untuk berubah. Karena sering kali, perubahan-perubahan kecil yang kita lakukan, bisa berdampak besar.

Buatlah perubahan yang dapat dicapai
Jangan terlalu muluk-muluk dalam melakukan perubahan. Nanti Anda sendiri yang stres karena tidak dapat mencapainya. Banyak orang mundur sebelum melakukan perubahan—dan akhirnya tidak berubah—karena mereka menetapkan target perubahan yang sulit dicapai. Jika Anda sendiri sulit mencapainya, siapa lagi yang dapat membantu Anda melakukan perubahan?

Berubah tanpa syarat
Banyak orang ingin berubah, tetapi dengan melakukan banyak persyaratan. Saya mau meningkatkan kinerja saya, asalkan gaji dinaikan. atau berubah asal suami mendukung, Walah! Perubahan yang seperti ini merepotkan. Merepotkan diri sendiri maupun orang lain.

Berikan penghargaan untuk perubahan Anda
Berikan reward (penghargaan) untuk hal sekecil apa pun yang menunjukkan perubahannya.
Sedikit perubahan yang kita lakukan, tetapi jika dilakukan secara konsisten bisa menelurkan hasil yang besar di kemudian hari. Berikan penghargaan atas perubahan yang Anda lakukan sekarang, jangan kaget atas hasil besar yang Anda capai kemudian hari.


Entri ini ditulis di Pengembangan diri dan ber-tag Pengembangan Diri pada 17 Juni 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar