Sabtu, 20 Juni 2015

Sejarah Astrologi Cina



Sejarah Astrologi Cina yang sistematik sudah berusia 5000 tahun, dan mungkin merupakan yang pertama di dunia ini. Pada peradaban lain ilmu astrologi juga ditemukan namun kebangkitannya baru dimulai sekitar 500 SM.


Astrologi Cina dapat ditemukan pada bukti Kalender Hsia yaitu kalender astrologi yang disusun pada masa dinasti Hsia sekitar 2205 SM. Akan tetapi pada masa sebelum Dinasti Hsia berbagai penemuan tentang astrologi sudah disusun yaitu sejak masa Kaisar Kuning sampai Kaisar Yao. Bahkan pada masa kaisar Shen Nung, kalender astrologi sudah dipergunakan untuk menaman padi yang disebut Nung Li (Kalender Tani).


Di masa kini, kalender Hsia ini masing dipergunakan untuk berbagai ramalan dan perhitungan astrologi Cina. Di Indonesia perhitungan kalender ini juga masih digunakan oleh etnis Cina.



Lima Unsur Dalam Astrologi Cina


Satu bagian mendasar dalam filosofi Cina adalah hubungan diantara lima unsur dasar yang terdiri dari Logam, Air, Kayu, Api dan Tanah. Tentu saja unsur-unsur tersebut bukanlah dalam makna yang biasa digunakan oleh ahli-ahli kimia atau fisika. Dalam kepercayaan Cina, unsur-unsur tersebut merupakan simbol dari kekuatan-kekuatan yang muncul dari segenap penjuru alam semesta.


Logam
Orang-orang yang lahir pada tahun yang dikuasai unsur Logam akan bersifat kaku dan keras sesuai dengan tingkat maksimal dalam shio mereka. Mereka dituntun oleh perasaan yang kuat dan akan mengejar tujuan mereka dengan tekun dan tanpa ragu. Didukung oleh tekad mereka, mereka mampu terus berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka sangat ambisius dan tidak tergoyahkan dalam keyakinan mereka.


Orang-orang ini tidak dapat dengan mudah diombang-ambingkan atau dipengaruhi untuk mengubah suatu jalan yang telah mereka tentukan, meskipun oleh kesulitan, kemunduran atau kegagalan. Seberapapun keteguhan dan kegigihan yang mereka miliki akibat shio mereka justru akan diperkuat oleh unsur Logam yang ada. Akan tetapi mereka kadang juga mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan keadaan yang tidak lagi dapat dikendalikan atau diterima oleh jalan pikiran mereka yang teguh.


Mereka lebih suka memecahkan masalah-masalah mereka sendiri dan tidak akan menghargai campur tangan atau bantuan yang tidak mereka harapkan. Mereka menentukan tujuan, melancarkan jalan serta mewujudkan cita-cita mereka tanpa bantuan dari pihak lain. Mereka memiliki naluri yang kuat tentang keuangan dan materi, dan akan menggunakannya untuk mendukung jiwa mandiri serta selera mereka yang tinggi terhadap kemewahan, kemakmuran dan kekuasaan.


Agar dapat benar-benar efektif, bagaimanapun juga mereka harus belajar berkompromi dan tidak terlalu berpegang pada prinsip mereka. Sering kali, mereka bersikap terlalu kaku dan teguh pada pendapat sendiri sehingga dapat merusak suatu hubungan yang baik hanya karena orang lain tidak mau memenuhi atau menyesuaikan diri dengan keinginan mereka.
Air
Mereka yang lahir pada tahun yang didominasi unsur Air mempunyai kemampuan besar untuk berkomunikasi dan melaksanakan ide-ide mereka justru dengan mempengaruhi orang lain untuk mewujudkannya. Pada dasarnya, mereka dikendalikan oleh perasaan dan akan mengekspresikannya sesuai dengan tingkatan yang dimungkinkan oleh shio mereka.


Mereka berbakat dalam menentukan hal-hal yang akan menjadi penting dan mampu mengukur potensi-potensi masa depan dengan tepat. Mereka mencapai keinginannya dengan menunjukkan dan memanfaatkan bakat serta kemampuan orang lain. Meskipun demikian, pendekatan mereka tidak pernah membuat orang lain merasa telah dimanfaatkan. Sama seperti unsurnya, Air, mereka menyingkirkan penghalang terbesar dengan tenang disertai usaha yang terus-menerus. Mereka berbakat dalam membuat orang menginginkan apa yang ingin mereka capai -- dengan kata lain, mendorong daripada memaksa orang untuk melakukan suatu tindakan.


Karena naluri mereka yang peka terhadap perasaan orang dan suasana lingkungan, mereka berubah-ubah seperti unsur yang mewakilinya. Salah satu sisi negatif adalah terlalu mudah terbawa lingkungan atau cenderung untuk memilih jalan termudah. Ciri terburuk mereka adalah dapat bersikap labil dan pasif atau terlalu menggantungkan diri pada orang lain. Agar dapat berhasil, mereka harus bersikap lebih meyakinkan dan menggunakan kemampuan persuasif mereka yang besar untuk mewujudkan ide-ide mereka. Orang lain semestinya bersedia mengikuti intuisi mereka.
Kayu
Orang yang lahir dalam pengaruh unsur Kayu mempunyai moral yang tinggi dan rasa percaya diri yang besar. Minat mereka sangat luas dan beragam, dan kemampuan untuk bekerja sama akan mendukung mereka untuk melakukan hal-hal dalam skala besar. Mereka mampu membagi dan memisahkan berbagai hal dalam katagori yang benar serta sesuai dengan tuntutan kerja. Sifat maju dan murah hati memungkinkan mereka dalam melaksanakan proyek-proyek besar, perkembangan jangka panjang dan rencana atau penelitian ilmiah yang mahal, yang sebenarnya tidak dapat ditangani oleh satu orang saja.


Mereka mampu meyakinkan orang lain untuk bekerja sama dengan mereka. Mereka melakukan perluasan dengan cepat dalam berbagai bidang kapan saja terdapat kesempatan, karena mereka menginginkan perkembangan yang terus menerus dan tindakan pembaharuan. Mereka mau membagi keuntungan yang mereka dapatkan dengan orang-orang yang pantas mendapatkannya. Niat baik mereka, serta pengertian yang dalam terhadap cara berpikir dan cara kerja orang lain dapat mendukung mereka ke posisi yang sangat menguntungkan. Biasanya mereka dengan mudah mendapatkan bantuan dan biaya dari orang-orang yang membutuhkan kemampuan mereka untuk mengubah informasi dan ide menjadi keuntungan.


Kelemahan terbesar adalah, mereka cenderung menanggung terlalu banyak seorang diri hingga akhirnya kewalahan dan tidak mampu menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Rencana-rencana mereka dapat mengalami kegagalan atau mereka dapat berpindah dari satu proyek ke yang lain tanpa hasil yang memuaskan.
Api
Orang-orang yang lahir pada tahun yang dikendalikan unsur Api akan menunjukkan bakat-bakat kepemimpinan yang tinggi; mereka cepat mengambil keputusan dan percaya pada diri sendiri. Mereka mempunyai kemampuan yang besar, sesuai dengan shio mereka, untuk memotivasi orang lain dan mewujudkan ide-idenya, karena mereka lebih agresif dibanding orang lain yang lahir di bawah shio yang sama. Karena menggemari petualangan dan inovasi, mereka selalu siap melaksanakan ide-ide baru dan akan berusaha mendominasi orang lain dengan kreatifitas, keaslian serta kemampuannya dalam menanggung resiko.


Orang-orang api adalah para pelaku, yang memiliki tindakan dan perkataan yang dinamis. Meskipun demikian, mereka harus mampu mengendalikan emosi, karena ambisi dan niat mereka yang menggebu-gebu dapat memperbesar sifat egois mereka hingga mereka bersikap sembrono dan tidak sabaran bila keinginan mereka tidak terwujud. Makin banyak seorang api berusaha mewujudkan keinginannya dengan kekuatan atau kekerasan, makin sering pula ia menghadapi perlawanan dan kesulitan.


Mereka memiliki semua ketentuan untuk menjadi pemenang utama, asalkan mereka mau menghargai pandangan dan mendengarkan pendapat orang lain sebelum melakukan suatu tindakan. Mereka seharusnya mengembangkan sifat sebagai pendengar yang baik dan mengendalikan kecenderungan mereka untuk bersikap impulsif. Banyak dari orang-orang api yang juga cenderung untuk terlalu berani dalam mengemukakan pendapatnya.


Seperti unsurnya, Api, mereka selalu menarik orang lain menuju kehangatan dan kecerdasan mereka, dan dapat menguntungkan orang-orang yang bekerja sama dengan mereka. Tetapi, orang-orang api juga dapat bersikap sembrono dan menyebabkan kerusakan yang besar bila mereka gagal mengontrol dan mengarahkan energi mereka dengan tepat.
Tanah
Orang yang lahir selama tahun yang dipengaruhi unsur tanah lebih memperhatikan tujuan-tujuan praktis daripada khayalan. Mereka memiliki penalaran yang mengagumkan dan menyukai tujuan yang nyata dan pasti untuk mencurahkan kemampuan mereka. Dengan wawasan masa depan serta kemampuan untuk mengorganisasi, mereka adalah perencana dan pengelola yang efektif. Mereka akan menggunakan segala potensi yang mereka temukan secara optimal dan cenderung bijaksana dan teliti dalam masalah keuangan. Mereka cerdas dan obyektif dalam menuntun orang lain untuk mewujudkan tujuan yang telah direncanakan dengan matang. Pada umumnya mereka adalah orang-orang yang serius dan metodis dalam cara kerja dan dapat mengorganisasi dan menjalankan segala jenis bisnis yang menuntut pengelolaan yang tegas.


Mereka merupakan manajer -manajer yang mengagumkan dan pandai dalam memperkokoh atau membangun landasan yang kuat bagi segala jenis industri, perdagangan atau pemerintahan. Mereka adalah orang-orang yang akan mempertanggungjawabkan pendapat mereka dan memiliki alasan-alasan bagi segala hal yang mereka lakukan. Meskipun mereka mungkin bertindak dengan perlahan, namun biasanya mencapai hasil yang memuaskan dan bertahan lama.


Mereka yang termasuk dalam unsur ini mempunyai sifat konservatif. Mereka jarang membesar-besarkan penemuan, perhitungan, dan harapan-harapan mereka. Kelemahan mereka adalah minimnya imajinasi, terlalu melindungi kepentingan pribadi, dan kesukaan akan gaya hidup yang serba rutin. Meskipun demikian, mereka dapat diandalkan untuk memikul tanggung jawab mereka secara mengagumkan, dan dapat mendisiplinkan diri sendiri secara efektif.


Kita mungkin pernah menonton TV dan menjumpai iklan sms premium yang memberikan gambaran tentang ramalan yang dilihat berdasarkan astrologi China. Tapi apa sih astrologi China itu ? Apakah hal itu yang mampu menghasilkan ramalan mengenai zodiak hari ini ? Bagaimanakah cara menghitung dan melihat astrologi ini ? Dan apapula manfaatnya bagi kehidupan ?


Astrologi Cina didasarkan pada astronomi tradisional dan kalender. astrologi Cina tidak menghitung posisi matahari, bulan dan planet pada waktu kelahiran. Perkembangan astrologi Cina terkait dengan astronomi, yang datang untuk berkembang selama Dinasti Han (abad ke-2 SM untuk Abad ke-2 M).


Astrologi Cina memiliki hubungan erat dengan filsafat Cina (teori tentang tiga harmoni yaitu langit, bumi dan air) dan sedikit berbeda dengan dari Barat. Astronomi : 5 planet, 10 Celestial stems, 12 Earthly Branches, lunisolare calendar( kalender bulan dan kalender matahari ), perhitungan waktu setelah tahun, bulan dan hari.


Menurut astrologi Cina, takdir seseorang dapat ditentukan dari posisi planet besar pada saat kelahiran seseorang bersama dengan posisi Matahari, Bulan dan komet serta orang tanda Zodiak yang mengelilinginya. Sistem siklus dua belas tahun dengan lambang binatang tersebut dibangun dari pengamatan orbit Jupiter. Setelah orbit Jupiter mengelilingi matahari, astronom Cina membagi lingkaran langit menjadi 12 bagian.


Dari sinilah yang kemudian berkembang beberapa ramalan bintang, Shio dan beberapa prediksi lainnya dan kemudian kita kenal dengan ramalan modern yang memakai berbagai media untuk sekedar memberikan gambaran tentang masa depan pada kita semua yang nampak pada media tersebut




Menurut legenda Cina, binatang-binatang di bumi terjadi perselisihan untuk menjadi simbol siklus tahunan. Dewa memutuskan untuk mengadakan sayembara : siapa saja yang pertama mencapai seberang sungai yang akan menjadi siklus tahun pertama, dan sisa dari hewan akan menerima sesuai dengan urutan finish mereka. Dan Dewa pun melakukan penyaringan atas binatang-binatang tersebut, dan terakhir tersisa dua belas binatang yang mengikuti lomba tersebut.Kedua belas binatang bergegas menyeberangi sungai dan melompat. Tanpa sepengetahuan kerbau, tikus melompat ke atas punggungnya. Karena kerbau ingin cepat menyelesaikan perlombaan ini maka, setiap hari ia berjalan menuju tujuan. Setelah berhari-hari berjalan, dan hampir mencapai finish, tikus yang berada diatas punggung kerbau langsung melompat turun dan berhasil memenangkan perlombaan dan menjadi yang pertama. Pada babi, yang sangat malas, akhirnya mencapai finish terakhir. Itulah mengapa tikus adalah tahun pertama dari siklus binatang, kerbau yang kedua, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing,dan terakhir babi.

Binatang tersebut mewakili siklus 12 tahun. Mereka mewakili konsep berhubungan dengan perputaran waktu, bukan pada konsep linear waktu Barat. Dalam kalender Cina, awal tahun jatuh antara akhir Januari dan awal Februari. Cina yang telah mengadopsi kalender barat sejak 1911, tetapi kalender lunar masih digunakan untuk acara pesta seperti Tahun Baru Cina.

Banyak kalender Cina mencetak keduanya dengan tanggal internasional dan tanggal Cina. Budaya dari tanda-tanda binatang Cina dalam cerita rakyat berkembang dengan baik, seperti horoscopes bulanan di Barat telah dikembangkan untuk beberapa tanda-tanda, Pisces, Aries, dll Misalnya, Horoskop Cina memprediksi orang yang lahir di Tahun Kuda akan, ceria, populer, dan suka puji kepada orang lain. Ini adalah horoscopes yang menghibur, namun tidak dianggap serius oleh orang Cina.


Astrologi Cina adalah bagian dari filsafat yang berhubungan dengan studi dan keselarasan elemen dan lingkungan. Ilmu ini bekerja di sepanjang grid saling terkoneksi antara planet utama mengakui, cabang sengaja mendua bumi, batang langit dan kalender lunisolar. Yang terakhir adalah kalender yang dirancang di sekitar posisi dan mempengaruhi matahari dan bulan pada khususnya, bulan hari dan tahun. Sistem yang dikembangkan dan diwariskan generasi merupakan bagian dari tradisi kuno yang telah menantang setiap garis waktu. Sejak ribuan tahun manusia, ilmu ini sekarang menikmati kebangkitan penerimaan dan popularitas. Astrologi Cina terdiri dari penelitian yang mendalam dan penelitian pada komponen tertentu seperti:


5 besar planet
Merkuri, terkait dengan air dan diwakili oleh kura-kura hitam


Venus, yang berhubungan dengan logam dan diwakili oleh harimau putih


Mars, yang berhubungan dengan api dan diwakili oleh burung vermilion


Jupiter, yang berhubungan dengan kayu dan diwakili oleh naga biru


Saturnus, yang terkait dengan bumi dan diwakili oleh naga kuning


12 hewan dan atribut


Tikus: disiplin, karismatik, terlalu ambisius


Kerbau: bisa diandalkan, pekerja keras, berpikiran sempit


Tiger: tak terduga, bersemangat, keras kepala


Kelinci: sensitif, elegan, oportunistik


Naga: megah, mulia, berprasangka


Ular: mistik, kreatif, tidak percaya


Kuda: populer, perseptif, lugu


Ram: tulus, artistik, pesimis


Monyet: motivator, bermartabat, manipulatif


Rooster: terorganisir, perfeksionis, egois


Anjing: jujur, setia, menghakimi


Babi: kokoh, percaya, fatalistik


10 tahun akhir


0 – Yang logam


1 Yin logam


2 – Yang air


3 – Yin air


4 – Yang kayu


5 – Yin kayu


6 – Yang api


7 – Yin api


8 – Yang bumi


9 – Yin – bumi


Menurut aliran misterius astronomi, usaha dibuat untuk menentukan atau memprediksi nasib berdasarkan posisi planet-planet besar, pada saat kelahiran seseorang. Tanda-tanda zodiak Cina dipelajari sebagai dua belas tanda-tanda ‘binatang’ lagi mewakili ciri-ciri kepribadian yang berbeda dan atribut. Tanda-tanda hewan yang ditugaskan untuk setiap tahun, bulan dan bahkan berhari-hari dan jam. Sejumlah ‘batin’ atau ‘rahasia’ binatang juga dipertimbangkan ketika menerapkan ilmu secara mendalam. Kalender lunisolar menunjukkan bahwa tahun yang berakhir pada bahkan angka didominasi oleh yang, ujung ganjil diperintah oleh yin.


Zodiac Cina dimulai dengan perayaan Tahun Baru Cina. Dua jenis yang berbeda dari pembacaan tergantung pada kelahiran dan posisi benda langit. Bahkan, alasan mengapa Tahun Baru Cina jatuh pada hari yang berbeda setiap tahun adalah bahwa kalender lunar mengikuti siklus dua minggu bulan. Astrologi Cina sangat tua dan paling seni telah diwariskan dari mulut ke mulut. Dengan tidak adanya teks-teks kuno, satu-satunya penjelasan yang masuk akal adalah bahwa hewan terhubung dengan setiap bulan secara empiris berhubungan dengan perilaku manusia. Stereotip ini hewan telah bertahan hidup berdasarkan karakteristik terlihat pada setiap manusia.


Astrologi Cina empat tanda berikut, tahun, bulan, hari dan jam (kelahiran). Ini adalah empat pilar atau ascendants yang astrologi Cina didasarkan. Astrologi Cina tidak berarti bahwa pembacaan memprediksi nasib, itu menentukan parameter yang ditetapkan oleh tempat dan waktu kelahiran. Namun, juga membantu untuk memeriksa dan mengidentifikasi mempengaruhi keluarga dan budaya pada individu. Filsafat Cina dan astrologi yang menarik, tergantung pada ‘keseimbangan’ dan ‘berbagai kemampuan’.


lihat juga tahun-naga-air-2012 , astrologi-cina , shio dan chinese-astrology






Tidak ada komentar:

Posting Komentar