Sabtu, 20 Juni 2015

Komunikasi Sosial



Ketrampilan Komunikasi Sosial, Tidak semua orang dapat mengembangkan keterampilan komunikasi sosialnya (keterampilan sosial dalam komunikasi). Jika Anda termasuk hal tersebut diatas, tidak perlu berkecil hati karena keterampilan ini dapat dikembangkan perlahan-lahan dengan latihan.
Mengembangkan Ketrampilan Komunikasi Sosial
Anda harus ketahui bahwa ketrampilan sosial lah yang paling menonjol di perusahaan dimanapun didunia ini. Dan ini selalu saja sesuai dengan budaya perusahaan manapun juga.

Berikut ini kami jelaskan satu persatu ke 7 jalan untuk mengembangkan ketrampilan sosial anda:
Mintalah penjelasan atau petunjuk
Hal ini sangat mudah diucapkan dari pada dilaksanakan.
Kebanyakan kita berpikir kita sudah tahu apa yang orang lain sedang mencoba untuk menjelaskan persoalan atau pekerjaan. Kedua, Anda mungkin asyik dengan pikiran sendiri ketika Atasan menjelaskan tentang cara melakukan tugas tertentu.

Jelaskanlah permasalahannya secara detail
Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman saat Anda menghadapi masalah dan harus laporkan kepada atasan?? , kalau demikian anda telah gagal , kalaupun anda laporkannya pasti anda lupa ,memberitau rincian penting penyebab kesalahan .oleh karena itu hindarilah hal tersebut diatas.
Jelaskan sebab dan akibat permasalahan tersebut dan jakinkan kepada diri anda bahwa apa yang anda jelaskan sudah dimengerti oleh atasan.
Dengarkan baik2 petunujuk2 atau apapun yang dikatakan oleh atasan dan yakinkan kepada atasan anda bahwa anda telah mengerti betul akan hal tersebut.
Apakah Anda khawatir bahwa Atasan mungkin berpikir Anda tidak kompeten untuk menangani permasalahan tersebut??, Perasaan ini pasti timbul. Namun, Anda masih perlu menjelaskan masalah ini ke Atasan. Masalahnya terletak pada istilah ‘menjelaskan‘ dan bukan ‘mengeluh‘. Untuk menjelaskan secara efektif, perhatikan:
Volume suara Anda dan nada. tidak boleh terlalu lembut, atau keras melengking. Berilah hormat apa adanya, Jauhkan emosimu. Jadi tenang. Anda mungkin kecewa oleh masalah tersebut, namun kekecewaan Anda tidak diketahui oleh atasan.~ Jangan lupa menjelaskan semua fakta-fakta masalah. Cobalah untuk menemukan sebagian besar jawaban Anda sendiri sebelum Anda melaporkannya kepada atasan. Kemudian tawarkanlah suatu solusi. Atasan anda akan menghargai suatu inisiatif.

Meminta bantuan
Pada suatu waktu dalam pekerjaan keseharian kita , ada hal tertentu yang sangat rumit dan biasa membuat stres , tetapi anda tidak meminta bantuan karena takut bahwa anda mungkin akan dianggap tidak kompeten.
Tidak ada seorangpun yang serba tau. Semua orang saling membutuhkan, Bekerja dengan dua kepala lebih baik dari satu kepala, Bekerja dengan 4 tangan lebih baik dari 2 tangan, Menyenangkan sekali menjadi orang penting tetapi lebih penting lagi menjadi orang yang menyenangkan orang lain dan membantu orang lain, karena pada suatu waktu, akan membantu Anda
Memberi bantuan akan membangun sistem yang kuat di mana Anda dapat bergantung bila Anda memerlukan bantuan.

Menerima Kritikan
Adalah wajar menjadi defensif ketika mendengar hal-hal negatif tentang diri kita sendiri. Tetapi kalau anda menonjokan defensifnya , anda akan dianggap tdk jujur menerima keritikan.Bila Anda mempunyai suartu tanggung jawab yang harus diselesaikan dan Anda tahu bahwa Anda tidak melakukannya sendiri, maka Anda harus cukup rendah hati untuk berterima kasih yang membantu anda. Temukanlah orang-orang yang menangani tugas tertentu yang lebih baik dari pada yang lain dan meminta mereka untuk membantu Anda jika mereka memiliki waktu. Mereka mungkin akan senang untuk membantu. Selain itu, ingatlah: kemungkinan untuk orang lain dapat melihat hal-hal kekurangan tentang Anda yang Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya.
Suatu kenyataan bahwa seseorang telah mengambil risiko untuk memberikan tanggapan/ kritikan tentang diri Anda.

Memberikan kritik yang konstruktif
Bukalah fikiran anda untuk mencari ide-ide baru dan cara-cara baru .jangan sekali-kali kritikan berdasarkan anggapan pribadi anda karena persepsi orang lain tidaklah sama dengan anda. Jangan ragu untuk menerima atau menolak semua atau bagian dari informasi , jelaskanlah pilihan Anda. Hindarilah kata 2 kritkan “Tidak perlu seperti itu”.
Ada dua jenis kritik – konstruktif dan destruktif. Kritik yang menghina atau merendahkan orang lain itu adalah kritikan yang merusak walaupun tujuannya baik
Cara Memberikan kritik konstruktif dan melihat bahwa itu diterima dengan baik adalah suatu seni tersendiri.

Terimalah penghargaan yang diberikan
Senyum dan ekspresikan kebahagian karena anda telah diberikan penghargaan atau penghormatan terhadap apa yang anda telah lakukan, walaupun sebenarnya anda tidak membutuhkannya. Jauhkanlah tingkah laku merendahkan diri..namun jangan juga tampak sombong. Banyak dari kita sangat hati-hati atau malu bila seseorang memberikan penghargaan ,Mengapa? Apakah kita berpikir Anda tidak pantas ? kalau jawabanya ya itu berarti bahwa anda tidak pantas untuk mereka? .Apapun itu, sekarang saatnya untuk mendapatkan lebih dari itu. Sekali lagi senyumlah dan terima kasih kepada orang untuk pujian. Ekspresikan kebahagiaanmu.

Berilah penghormatan atau penghargaan
Janganlah pernah merasa direndahkan  dengan member penghargaan kepada orang yang mempunyai sesuatu yang negatif tentang dirinya. Jangan pula sombong member pujian. Saya sangat sering mendengar orang berkata, “Dia itu berhasil dalam pekerjaannya tetapi, jika kita beri penghargaan atau penghormatan , dia itu nanti besar kepala”
Ini tidak akan terjadi apabila pemberian penghargaan tersebut secara wajar, gunakan bahasa sederhana. Tersenyum dan melihat pada matanya. Sampaikanlah kata kata yang lembut.

Jaringan sosial yang baik akan membantu Anda dalam pekerjaan anda…apabila pekerjaan anda kurang berhasil berarti anda kurang memperhatikan untuk membangun jaringan sosial  yang baik.

[Referensi http://www.wattpad.com/159102-Keterampilan-Sosial ]

Baca petuah lainnya  Rahasia Sukses , Komunikasi Sosial , Rayuan Maut Lelaki beristeri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar